Inilah 3 Kerugian Yang Cepat Atau Lambat Akan Anda Rasakan Jika Masih Mendesain Slide Asal-Asalan

Pernahkah Anda ketika menjadi audiens dalam suatu seminar/training dan melihat slide presentasi pembicaranya didesain dengan asal-asalan (penuh dengan teks, tulisan tidak terbaca dan banyak bullet point) ?

Kalau pernah, apa yang Anda rasakan?

Mengantuk, sibuk dengan gadget masing-masing atau mungkin yang paling Ekstrim Anda keluar dari ruangan seminar/training tersebut. Ya atau ya banget? 😀

Itu dari sudut pandang Anda sebagai Audiens. Tentu ketika Anda berperan sebagai seorang Trainer/pembicaranya, Anda tidak mau audiens Anda melakukan hal-hal yang disebutkan di atas kan?

Dalam artikel kali ini saya akan membahas kerugian yang cepat lambat akan Anda alami Jika Anda sebagai seorang trainer/pembicara masih mendesain slide Anda dengan asal-asalan.

Sudah siap?

Baik… sebelumnya apa yang dimaksud dengan mendesain slide secara asal-asalan?
Nah… Anda bisa cek postingan saya tempo hari tentang 7 Kesalahan Yang Harus Dihindari Dalam Mendesain Slide Presentasi.

Di artikel tersebut saya banyak berbicara tentang kesalahan yang sering terjadi dalam mendesain slide. Kesalahan-kesalahan tersebutlah yang terkadang membuat Slide yang ada menjadi “ASAL JADI” tanpa memperhatikan kaidah Desain Dan Seni.

So…. Sekarang saya akan beberkan 3 kerugian yang akan dialami apabila Anda MASIH mendesain slide presentasi Anda secara asal-asalan.

  1. Dicuekin Audiens

Siapa sih yang ingin dicuekin oleh orang lain, terutama Audiens sendiri?

Kenapa dicuekin? Simple.. karena slidenya tidak menarik sama sekali.

Hati-hati… ketika ada banyak Audiens tidak memperhatikan Anda sebagai seorang pembicara maka siap-siap Anda akan dicemooh dan menjadi bahan omongan diantara para audiens lainnya. Bahkan bisa jadi ketika Anda mengadakan seminar/training kembali mereka Enggan untuk mengikuti kembali karena mereka tidak tertarik pada Presentasi Anda.

  1. Sesi Training/Seminar Menjadi Monoton

Karena Slide yang anda buat tidak menarik, maka audiens dengan tipe pembelajarannya Visual menjadi tidak terpuaskan. Padahal ketika Anda memaksimalkan Slide yang Anda buat menjadi Lebih Visual maka ini akan membantu para Audiens menyerap informasi yang Anda berikan menjadi lebih mudah. Training yang baik selain karena materinya memang bagus  juga memiliki metode training yang bisa membantu audiens dalam memahami materi serta kemampuan menggunakan media-media yang ada.

Bahkan John Medina dalam bukunya “Brain Rules” mengemukakan bahwa terdapat 12 rules dalam Pembelajaran secara efektif. Nah.. salah satu rulesnya yaitu :

 

RULE 4 : We Don’t Pay Attention to boring things

Kita tidak memperhatikan pada hal-hal yang Membosankan

 

Bagaimana dengan Slide Anda? Sudah menarik atau MASIH Membosankan?

  1. Materi yang Seharusnya Bagus & Menarik akan menjadi Tidak Menarik di mata Audiens

Misalkan Anda punya Materi yang Menarik untuk dibahas dan akan banyak membantu orang lain dengan materi tersebut, Namun ketika Materi yang Anda punya hanya sekedar copy paste dari dokumen/modul yang Anda buat dan ditambah Anda hanya sekedar Membaca dari slide. Bagaimana dengan Audiens Anda? Apakah mereka menjadi excited untuk mengikuti materi Anda?

Pengalaman saya, ketika ada seorang pembicara yang mendesain slidenya secara asal-asalan dan hanya sekedar membaca maka yang biasanya terjadi adalah saya Males untuk mengikuti materinya. Masih mending kalau skill Public Speakingnya bagus, saya masih bisa melek. Tapi kalau udah slidenya tidak menarik + Presentasi pembicaranya monoton mending saya tidur aja. Hehe.. 😀

Serem ya? Oleh karena itu melihat 3 Kerugian tersebut, tidak ada salahnya mendesain slide Anda dengan semenarik mungkin. Selain bisa jadi Kesan pertama yang baik bagi audiens Anda, juga materi yang Anda sampaikan bisa jadi lebih NANCEP di pikiran audiens Anda.

Jadi… Masih Berani Mendesain Slide Secara Asal-asalan?

Sahabatmu yang Anti bikin Slide Asal-asalan

Panji Priambudi | @Panji.Priambudi

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *